Kamis, 01 November 2012

Botram @Pangandaran




Rekreasi merupakan salah satu kegiatan rutin pembinaan lanjut usia Paguyuban Lansia Santa Monica Paroki Hati Kudus Yesus Tasikmalaya, yang kali ini diselenggarakan pada hari minggu 21 Oktober 2012 di pantai selatan Pangandaran di Wisma Bintang Timur, sarana tempat ibadah umat Katolik yang dibangun Paroki Hati Kudus Yesus Tasikmalaya juga dapat digunakan untuk retret, workshop, pertemuan-pertemuan dan lain sebagainya. 

Mengapa harus rekreasi? Menurut Pedoman Pastoral Keuskupan Bidang Keluarga diantaranya kegiatan yang ditujukan agar “Terperhatikannya kaum lansia”. Sesuai pula dengan visi Paguyuban yaitu “Menggapai Masa Tua Bahagia Sejahtera” dengan misi menyelenggarakan kegiatan bagi lansia dalam bidang fisik/biologis, rohani/spiritual, mental/psikologis, sosial/komunikasi, guna menunjang persiapan kemandirian para calon lansia serta lansianya sendiri yang memang mengalami kemunduran dalam 4 aspek diatas. Maka anggota Paguyuban tidak hanya yang berusia 60 tahun keatas (definisi lansia menurut UU RI no 13 tahun1998), melainkan juga pralansia mulai usia 45 tahun. Proses penuaan tidak dapat kita hindari, namun bisa diperlambat dengan berbagai cara. 

Salah satu cara membuat awet muda atau menghambat proses penuaan ini adalah dengan membuat hati gembira. “Hati yang gembira membuat muka berseri-seri tetapi kepedihan hati mematahkan semangat” (Amsal 15:13). “Hati yang gembira adalah obat yang manjur, tetapi semangat yang patah mengeringkan tulang” (Amsal 17:22). Sebanyak 46 peserta berangkat jam 6.30 WIB dari halaman Gereja Hati Kudus Yesus Tasikmalaya setelah berdoa dan berkat dipimpin Romo Jumi.

 Menuju ke Ciamis menjemput 2 orang peserta dari stasi Ciamis, sempat mendung dan gerimis, tetapi syukur kepada Allah di Pangandaran cuaca bagus, angin bertiup sepoi menghantar rombongan tiba di Wisma Bintang Timur, peserta dari Banjar menyusul bergabung bersama, juga lansia tertua Paguyuban berusia 88 tahun : Ibu Selawinata, bersama keluarganya (anak cucu mantu) bergabung merayakan ulang tahun sang nenek yang masih sehat, masih memasak sehari-hari walaupun tubuh renta tentu saja lebih lamban gerakannya, namun beliau masih bisa meniup harmonika hobinya sejak muda, beberapa lagu mengalun dengan indahnya diiringi keyboard. 

Rahasia panjang umurnya adalah selalu sabar dan pasrah, makan teratur porsi tidak berlebihan mengutamakan sayuran, berdoa dan menerima kehendakNya, selalu berharap hanya kepada Tuhan, membuatnya berbahagia bersama anak cucunya walaupun masalah selalu ada. Seperti biasa Mars Lansia dikumandangkan, dilanjutkan bernyanyi, permainan, seuntai mutiara iman yang disampaikan oleh prodiakon merangkap MC Bapak Vincentius Beben Suherlan, tak lupa pula peragaan dan praktek brain gym untuk menguatkan otak mencegah kepikunan yang disampaikan oleh dr. Patricia H (koordinator lansia), curhat sesama lansia terutama hubungannya dengan ibu Selawinata , beliau suami istri selaku perintis berdirinya Gereja Katolik di Tasikmalaya, almarhum Bapak Selawinata adalah aktivis gereja. 

Akhirnya acara diakhiri dengan joget dan menyanyi bersama. Bukanlah panjang umurnya melainkan panjang sabarnya adalah yang tepat bagi lansia yang sudah panjang usianya. Makan siang seafood sudah menanti dengan juru masak ibu Kus dan kawan-kawan dari Wisma Bintang Timur yang nikmat meriah. Rehat sejenak di kamar-kamar yang sudah disiapkan, peserta sudah tak sabar menanti kereta odong-odong yang telah disewa untuk berkeliling seputar pantai dan lokasi semenanjung Pangandaran. Begitu kereta tiba semua naik, dibagikan snack, setelah siap semua kereta berangkat berkeliling. Tak terkira riang hati sambil melambaikan tangan ke masyarakat sekitar maupun wisatawan lainnya yang terheran-heran melihat para oma opa bertingkah laku bak anak TK. 

Di beberapa lokasi penjualan makanan dan cendera mata, kami singgah berbelanja membeli buah tangan. Setelah cukup lelah dan merasa puas kembalilah rombongan ke Wisma, dilanjutkan acara bebas disekitar pantai. Jam 17.00 WIB peserta menikmati makan petang. Akhirnya walau lelah namun kenyang dan hati gembira rombongan kembali menyusuri liku-liku jalan menuju Tasikmalaya dengan selamat dan penuh rasa syukur tiba kembali di halaman Gereja Hati Kudus Yesus Tasikmalaya. Sampai jumpa di kegiatan bersama Paguyuban Lansia Santa Monica Paroki Hati Kudus Yesus Tasikmalaya. Ciao…..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

            

Need something

Creative Commons License
Paguyuban Lansia Santa Monica by DeeColoay is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivs 3.0 Unported License.
Based on a work at stmonicahkyt.blogspot.com
.