Rabu, 25 Januari 2012

Kebiasaan Sehat membuat Hidup lebih Baik, Nyaman dan Bahagia


Kebiasaan sehat yang dilakukan sejak usia dini akan meningkatkan peluang hidup lebih panjang lebih sehat dan bahagia. Umumnya kebiasaan sehat dalam pola makan/minum, pola gerak dan istirahat/tidur, kebersihan/hygiene, hubungan sosial dan pengelolaan stress. 

Sarapan setiap hari membuat tubuh lebih bugar karena tubuh mendapat lebih banyak vitamin dan mineral, membuat tubuh lebih ramping karena mencegah lapar sampai tiba waktu makan siang dan mencegah keinginan mengemil. Sarapan pagi dengan serealia membuat orang merasa lebih sehat secara fisik dan mental, meningkatkan kejernihan berpikir dan kinerja. Tentu saja makanan harus mengandung karbohidrat, protein dan sedikit lemak sehingga kebutuhan nutrient terpenuhi. 

Memilih menu makanan hendaknya bervariasi dari berbagai jenis makanan, baik untuk makan pagi siang atau malam dengan jumlah cukup tidak berlebihan. Karbohidrat tidak harus nasi, bubur atau lontong/ketupat tetapi bisa bervariasi seperti bihun, mie, roti, kentang dll. Tambahkan ikan dan asam lemak omega 3 yang merupakan sumber protein baik yang relatif rendah lemak buruk yang disebut asam lemak jenuh, ikan mengandung asam lemak omega 3 yang dapat mengurangi resiko penyakit jantung dan menenangkan sistem imun yang overaktif sehingga menurunkan allergi, asthma, eksim dan penyakit autoimun. Mackerel, trout, herring, sardine, tuna, salmon kaya asam lemak omega 3. Tahu, kedelai, walnut, flaxseed, mengandung alfa linolenic acid (ALA) yang diubah menjadi omega 3 dalam tubuh. Jangan lupa sayur mayur dan buah-buahan segar yang mengandung serat dan berbagai vitamin terutama vitamin C sebagai antioxidant yang mencegah proses penuaan. Padi-padian dan serat berguna mencegah kanker usus. Minum air kurang lebih 8 gelas per hari (2 liter), jika tubuh tidak mendapat cukup air dapat mengganggu kerja fungsi alat/organ tubuh. Susu dikenal penting karena mengandung kalsium untuk pertumbuhan tulang dan gigi kuat, mencegah tekanan darah tinggi, batu ginjal, penyakit jantung dan kanker usus besar. Kebutuhan kalsium dalam masa pertumbuhan dan ibu hamil meningkat maka diperlukan konsumsi susu yang tepat. 

Aktifitas fisik atau gerak badan mempunyai banyak khasiat, membantu mengendalikan berat badan, menjaga tulang, sendi dan otot, menurunkan resiko hipertensi dan diabetes, menurunkan resiko kematian penyakit jantung, menurunkan resiko kanker, meningkatkan kesejahteraan psikologis, berpikir lebih jernih, memperbaiki perasaan dan meningkatkan energi sehingga orang lebih produktif. Berjalan kaki, lari, senam, berenang, naik sepeda, naik tangga, dan macam-macam gerak badan lain disesuaikan dengan usia dan kemampuan serta penyakit yang sudah terlanjur ada. Yang jelas manusia harus aktif bergerak, hindari duduk berlama-lama tanpa perubahan posisi. Disamping itu pula manusia memerlukan istirahat yang cukup, tidur yang nyenyak 6-8 jam semalam. Tidur siang dapat menurunkan resiko penyakit cardiovascular, menurunkan tekanan darah dan melindungi jantung. Bila kurang tidur akan merasa lelah, mudah tersinggung, gangguan emosi, nalar logis, pembelajaran dan ingatan. 

Kebersihan atau hygiene perorangan maupun lingkungan sangat perlu dijalankan agar tubuh terhindar dari kuman dan lingkungan tidak menjadi sumber penularan penyakit. Sikat gigi 2 kali sehari dan berkumur setiap habis makan dapat mengurangi resiko penyakit gigi dan mulut (caries/gigi berlubang, sariawan dll) serta penyebaran penyakit lain melalui pembuluh darah gusi. Selain itu gigi yang putih bersih dan sehat menunjang kecantikan raut wajah seseorang. Cuci tangan dengan sabun setiap hendak makan mengurangi resiko penularan penyakit pencernaan. Menggunting kuku, mencukur janggut, keramas, mandi secara teratur amat menunjang kebersihan sehingga terhindar dari penyakit kulit dan jamur. Khusus bagi wanita perlu memelihara kebersihan area Miss V, cebok dengan air bersih, pakai pembalut hygienis untuk yang masih menstruasi, bila gatal2 segera berobat. 

Memelihara kebersihan lingkungan tak kalah penting, membuang sampah di tempat yang pada tempatnya, menyapu, mengepel dsb dapat mencegah penularan penyakit yang ditularkan serangga seperti DBD, malaria, cikungkunya, filariasis, juga diare. Juga kebersihan air amat penting menjaga kulit dari berbagai penyakit. Udara yang bersih terhindar dari polusi asap knalpot, asap bakaran sampah, asap pabrik/dapur dan asap rokok diperlukan untuk kesehatan paru-paru, maka hindari merokok ataupun asap rokok dari orang yang merokok, lebih baik tidak membakar sampah, bila perlu memakai masker di tempat banyak asap seperti di pabrik, di jalan raya yang padat, di klinik atau rumah sakit. 

Aktifitas sosial seperti bergabung dengan suatu komunitas/klub, menjadi relawan, beribadah, beramal, mengunjungi panti asuhan, sosial, jompo, anak cacat, menjenguk orang sakit dan sebagainya baik untuk kesehatan fisik dan mental. Aktifitas bersama membantu meningkatkan fungsi mental, membantu pikiran aktif dan mempertahankan serotonin zat yang berhubungan dengan perasaan nyaman/senang. Menekuni hobi biasanya menyenangkan sehingga orang merasa lebih sehat dan lebih cepat pulih bila sakit. Hobi dapat mendorong minat dan lebih aktif untuk hidup. Memelihara binatang/pets maupun memberi makan binatang dapat menenangkan dan melembutkan hati, menurunkan ketegangan. Kicauan burung dapat meriangkan hati. Hobi memasak atau membuat kue, kerajinan dapat pula menambah pendapatan keluarga, demikian pula dengan fotografi, menulis, menjahit, menyulam, merajut bahkan mendongeng maupun menyanyi. 

Pengendalian emosi dan mengelola stress amat penting karena manusia tidak akan luput dari berbagai masalah yang menyebabkan tekanan mental atau stress. Dengan aktifitas dalam keagamaan, ibadah, hubungan harmonis dalam keluarga sehingga orangtua dapat membimbing dan menjadi teladan baik bagi anaknya, di sekolah pun komunikasi antar guru dan murid juga sesama murid dijalin dengan baik, orang tua dan guru menanamkan nilai-nilai kehidupan sehingga mental emosional anak dapat berkembang dan menjadi orang dewasa yang tangguh, bertanggung jawab, penuh kasih, dapat berinteraksi sosial dan melakukan hal-hal yang benar, menjadi manusia seutuhnya. 

Demikian pula antara suami istri, supaya saling mendukung menghadapi masalah keluarga, ekonomi dsb, saling memaafkan dan tidak mendendam. Bila perlu berkonsultasi dengan para ahli guna mencegah masalah berkelanjutan sehingga dapat menimbulkan berbagai penyakit bahkan kematian. Relaksasi juga baik dilakukan untuk meredakan stress seperti pijat tradisionil, spa, aroma terapi, menonton film di bioskop, jalan-jalan di mall, ke pantai bahkan berdoa dapat menenangkan hati serta sikap pasrah diperlukan untuk kedamaian. Ada pula terapi ketawa, dimana sekelompok orang berkumpul untuk saling tertawa bahkan sampai terpingkal-pingkal dan berkeringat dapat meredakan stress dan menimbulkan perasaan nyaman. Demikian pula olah raga pernafasan taichi, berdansa ringan dapat memperbaiki daya tahan tubuh, menghambat proses penuaaan dan umur lebih panjang. 

Banyak hal-hal kecil yang kelihatannya sepele, bila terlewatkan dapat mengganggu kesehatan dan mengurangi rasa nyaman seseorang. Maka marilah membiasakan diri dengan kebiasaan-kebiasaan sehat guna mengurangi resiko terserang penyakit, memperlambat proses penuaan ataupun gangguan kesehatan sehingga dapat hidup lebih nyaman dan bahagia. Dan perlu disadari bila sudah terkena suatu penyakit, hiduplah sesuai dengan kondisi penyakit, obat-obatan teratur, diet makanan serta gerak badan yang tepat. 

Script by dr. Patricia H. ©2012.01.25

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

            

Need something

Creative Commons License
Paguyuban Lansia Santa Monica by DeeColoay is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivs 3.0 Unported License.
Based on a work at stmonicahkyt.blogspot.com
.