Sabtu, 07 April 2012

Makan dengan Bijaksana


Kelebihan kalori akibat makanan yang tidak seimbang dengan aktivitas fisik, merupakan penyebab utama terjadinya penumpukan lemak di dalam tubuh yang lama kelamaan akan merubah penampilan menjadi gemuk.

Kebiasaan makan yang salah seperti sering ngemil diluar waktu makan dan malas melakukan kegiatan menyebabkan pemasukan dan pengeluaran kalori tidak seimbang, sehingga lemak menumpuk di seluruh tubuh yang bisa memicu terjadinya berbagai penyakit akibat organ-organ pencernaan bekerja terlalu berat dalam mencernakan karbohidrat, protein serta lemak yang berlebihan, juga mempercepat proses penuaan. Kiat untuk menghindari kegemukan adalah memilih jenis makanan berarti makan dengan bijaksana dan aktif melakukan gerak badan teratur. Karena dengan bertambahnya usia proses metabolisme melambat maka harus lebih berhati-hati memilih makanan rendah kalori dan membatasi asupan kalori.

Ada berbagai cara menekan pemasukan kalori sambil tetap menikmati makanan, antara lain:

Di rumah. Mengatur menu tetap dengan prinsip 4 sehat 5 sempurna, jadi jumlah karbohidrat, protein dan lemak seimbang serta perbanyak sayuran dan buah-buahan sebagai sumber serat yang mengenyangkan dan sumber vitamin yang diperlukan tubuh. Pilih daging sapi atau ayam yang kurus dan tidak berlemak (dada atau sengkel), lebih sering menghidangkan ikan, seminimal mungkin memakai minyak, mentega, margarine, santan kental, susu krim. Masaklah dengan cara dipanggang, dikukus, direbus, dipepes atau di tim. Memasak sayuran jangan terlalu matang. Jangan terlalu banyak menggunakan gula, tepung-tepungan, batasi vetsin sebagai penyedap rasa tambahkan bumbu dapur sehingga lebih nikmat. Tambahkanlah sayuran segar, tomat wortel untuk penghias makanan yang dapat juga dimakan mentah. Biasakan menata bunga atau hiasan lain pada meja makan sehingga menjadi indah dan menarik perhatian tidak hanya pada makanan saja.

Di Pesta. Karena terlalu banyak jenis hidangan, maka dianjurkan minum segelas air putih terlebih dahulu, disusul dengan sayur atau buah bisa dalam bentuk salad, batasi nasi, lebih baik memilih seafood atau ikan, pilihlah makanan yang paling disukai dengan porsi atau potongan kecil, tidak perlu mencicipi semua masakan, hindari makanan yang banyak berminyak, gula atau krim, sebaiknya memilih yang dikukus, ditumis, dipepes, dipanggang, tidak perlu menambah kerupuk, kunyah makanan perlahan dan selingi dengan mengobrol sehingga tidak terlalu banyak makan. Hindari soft drink, sirup dsb, minumlah air putih atau teh tawar.

Di Restaurant. Pilih menu yang disukai, sebaiknya makanan yang ditumis, direbus, ditim, dipepes, dipanggang, hindari gorengan berlemak, gula, tepung-tepungan. Bila sudah kenyang tidak perlu memaksakan menghabiskan makanan yang sudah dipesan. Atau bisa memesan setengah porsi saja. Hindari soft drink, sirup juga kue-kue, buah kalengan, lebih baik buah-buahan segar. Berhati-hati dengan lalap dan sambal yang bisa memaksa menambah nasi karena nikmatnya.

Di Rapat, Seminar, Arisan dan lain-lain. Biasanya dalam acara-acara ini selalu disediakan snack/kudapan paling sedikit 3 macam, ada kroket, sus, cake coklat dsb juga secangkir teh/kopi manis.Perlu dipikirkan untuk tidak menyantap semua hidangan yang berkalori tinggi tersebut, atau bisa dibawa pulang bila dikemas dalam dus, minumlah air putih atau teh tawar. 

Bila acara berlanjut dengan makan siang, silahkan memilih makanan seperti kalau ke pesta tadi dengan bijaksana, apalagi kalau disusul berikutnya snack sore. Karena pada waktu acara biasanya hanya duduk saja mobilitas terbatas, maka keesokan harinya lakukan gerak badan senam, jogging, lari, jalan cepat selama 1 jam. Bisa juga berenang atau naik sepeda atau sepeda stationer. Untuk membakar kalori yang kemarin masuk berlebihan dengan olahraga bersifat aerobik.

Jadi makanlah dengan cerdik dan bijaksana, juga bergerak badan atau olahraga teratur seminggu 3 – 4 kali selama 1 jam untuk menjaga kestabilan berat badan atau mencegah kegemukan sehingga tubuh tetap bugar dan sehat.

Kecuali untuk yang sudah mengidap penyakit tertentu, pemilihan jenis dan porsi makanan harus disesuaikan dengan kondisi masing-masing. Untuk anak-anak biasakan makan sayur-sayuran, hindari junkfood, soft drink, snack yang terlalu manis dan berlemak. Untuk lansia porsi makan diperkecil dan lebih lembek sesuai keadaannya.

Jangan lupa mengelola stress yang tidak bisa dihindari dalam hidup ini, kuncinya adalah sabar dan rendah hati serta berdoa. Sehingga tiap masalah dapat diselesaikan dengan bijkasana. Semoga berguna!

Script by dr. Patricia H. ©2010.10.01

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

            

Need something

Creative Commons License
Paguyuban Lansia Santa Monica by DeeColoay is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivs 3.0 Unported License.
Based on a work at stmonicahkyt.blogspot.com
.