Jumat, 25 Mei 2012

Menguatkan Daya Ingat


Terkadang kita suka mengalami “lupa”, walaupun masih muda belum lansia namun suka lupa, entah menaruh kunci, kacamata, ponsel, surat-surat, barang-barang lainnya bahkan uang. Juga lupa mau pergi ke rumah seseorang atau membeli sesuatu sehingga harus kendaraan merubah arah tujuan. Terlebih bagi orang yang sibuk, banyak pekerjaan, tugas maupun masalah-masalah yang harus diselesaikan, membuat ingatan lebih buruk lagi. Bahkan anak-anak usia sekolahpun sudah sering mengatakan lupa ini lupa itu.

Mengingat memerlukan kemampuan untuk menyimpan informasi selama beberapa detik (ingatan jangka pendek) lalu selama beberapa detik sambil menggunakan informasi (ingatan yang bekerja aktif), akhirnya untuk jangka waktu yang agak lama (ingatan jangka panjang). 

Ada bebagai cara untuk menguatkan daya ingat, bila dilakukan setiap hari dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, maka dalam beberapa waktu dapat meningkatkan kemampuan mengingat, tentu saja dibarengi gaya hidup sehat. Diantaranya yaitu: 

Jalan kaki : latihan aerobik ini meningkatkan aliran darah / denyut jantung yang tentu saja meningkatkan aliran darah ke otak sehingga oksigenasi ke otak bertambah dan otak menjadi sehat. Berjalan kaki cepat ke tempat kerja, ke pasar dll ketimbang naik mobil atau kendaraan, berlari-lari & berkejar-kejaran dengan anak-anak ketimbang duduk nonton tv, naik tangga ketimbang naik lift. Bila diterapkan sehari-hari dan menjadi kebiasaan maka akan menambah daya ingat.

Mengubah kebiasaan : Disebut juga aktifitas neurobik yaitu mengerjakan tugas sehari-hari dengan cara berbeda seperti menggosok gigi, menyapu, mengelap, menenteng tas dan lain sebagainya dengan tangan kiri yang tadinya dengan tangan kanan, merubah rute perjalanan mengambil jalan alternative jika pergi ke suatu tempat. Cara ini dapat meningkatkan kemampuan otak terhadap proses penuaan. 

Tempat-tempat yang tidak mudah dilupakan : Bila anda terus menerus lupa dan selalu mencari-cari benda-benda kecil, sediakan satu tempat untuk meletakkan kunci-kunci, ponsel, kacamata yang mudah terlihat dan tidak mudah dilupakan. Bisa dalam 1 piring / wadah khusus atau gantungkan kunci-kunci dekat pintu dalam satu cantelan. Simpan gunting, gunting kuku, alat-alat manicure & pedicure di 1 laci misalnya.

Ulangi dan hubungkan dengan nama : Ketika mendengar 1 nama, ulangi secara keras nama tersebut: Andre! sementara anda membuka file memori otak dan buat hubungan dalam pikiran dengan sesuatu yang akrab dengan anda, seperti: orang ini adalah teman smp saya yang dulu kepalanya gundul … o ya dia adalah Andre.

Memilih makanan yang mencerdaskan : sayuran berdaun hijau tua, padi-padian utuh, serealia, oatmeal, gandum, bean, kedelai, daging, yang mengandung zat besi yang memulihkan fungsi kognitif, ikan salmon, sardine, mackerel memberi asam lemak omega 3 termasuk DHA , bekatul, buah warna cerah, delima, anggur, blueberry dan sayuran yang mengandung antioksidant dapat menyapu radikal-radikal bebas dan melindungi neuron(sel syaraf) dari kerusakan.

Istirahat : tidur berperan penting seberapa baik mempertahankan suatu informasi, tanpa istirahat yang cukup tidak dapat mempertahankan fokus dan perhatian yang menghambat kemampuan belajar dan mengingat.

Latihan mengingat : berulang kali menyebut harga cabe misalnya, kemudian menuliskan di sebuah buku, buku ditutup kemudian sebutkan harga cabe. Atau melihat film/sinetron, sesudahnya berusaha menyebutkan nama dan peran pemain bisa dilakukan bersama teman, anak, cucu. Bisa juga dengan mengerjakan soal-soal matematika sederhana tambah-tambahan, kali-kalian dst.

Senam otak (brain gyms) : latihan bergerak badan secara menyilang atau gerakan menyilang ke kiri ke kanan keatas kebawah bergantian baik tangan maupun kaki, memegang telinga kanan dengan tangan kiri misalnya, memegang lutut kanan dengan tangan kiri, mengangkat paha kanan kearah kiri, dengan kedua tangan membuat angka 8 dari kiri ke kanan dan sebaliknya. Berdansa, menari juga dapat menguatkan daya ingat dengan gerakan-gerakan yang berurutan yang harus diingat.

Hal-hal sederhana tapi penting untuk menambah daya ingat dapat dilakukan sepanjang hari dalam kehidupan anda, namun harus dibarengi pola hidup sehat lainnya, mengatur jumlah dan jenis makanan, gerak badan sesuai usia dan kemampuan/penyakit yang diderita, mengelola stress, mengendalikan emosi, tidak merokok atau minum alkohol, tidak memakai narkoba dan selalu berusaha mendapatkan pencerahan jiwa mental spiritual. 

Script by dr. Patricia H. ©2011.07.07

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

            

Need something

Creative Commons License
Paguyuban Lansia Santa Monica by DeeColoay is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivs 3.0 Unported License.
Based on a work at stmonicahkyt.blogspot.com
.